ADENIUM SI MAWAR GURUN

Minggu, 24 Agustus 2008

      Pesona bunga yang satu ini sungguh memikat hati, dengan keindahan bunganya yang berwarna-warni dan juga khas, si mawar gurun ini juga menawakan keindahan melalui bonggolnya.
Adenium selain memiliki pesona melalui bunganya yang indah juga memiliki pesona yang lain, yaitu bonggolnya.
Tak heran bila si mawar gurun ini menjadi buruan para kolektor tanaman hias untuk melengkapi koleksinya.
      Banyak masyarakat yang menyebut bunga ini dengan sebutan kamboja jepang, tapi saya lebih suka menyebutnya dengan nama si mawar gurun, karena bila kita menyebutnya dengan kamboja jepang maka akan identik dengan pohon kamboja yang banyak tumbuh atau ditanam di kuburan-kuburan, padahal antara kamboja dan adenium sangat bebeda jauh.
kamboja adalah jenis Plumeria, kerabat jauh dari Adenium.
Beberapa perbedaan antara Adenium dengan Plumeria adalah sebagai berikut:
Adenium berbatang besar dengan bagian bawah menyerupai umbi, namun sosok tanamannya sendiri kecil dengan daun kecil panjang. Akar adenium juga dapat membesar menyerupai umbi.
Plumeria berbatang kecil memanjang tanpa bentuk umbi, dengan sosok tanaman yang besar dan dapat tumbuh tinggi, dengan bentuk daun panjang dan besar.
       Adenium sendiri adalah tumbuhan yang berasal dari asia barat dan afrika, Sebutannya disana adalah Mawar Padang Pasir (desert rose). Karena berasal dari daerah kering, tanaman ini lebih menyukai kondisi media yang kering dibanding terlalu basah. Disebut sebagai adenium, karena salah satu tempat asal adenium adalah daerah Aden ( ibukota yaman).
        Bonggol adenium bisa menjadi besar karena sebenarnya fugsi dari pembesaran bonggol itu adalah untuk menyimpan air bila terjadi kekeringan, karena di habitat aslinya air adalah sesuatu yang suliit didapat.
        Adenium sangat populer di kalangan penghobies tanaman hias karena keunikannya dan pesonanya, sehingga banyak dari penghobies itu membudidayakan tanaman jenis ini. Ada 2 kelompok adenium, yaitu kelompok species (jenis asli), maupun Varietas (jenis hasil perkawinan dan persilangan yang dilakukan manusia untuk mencari bentuk baru).
      
      Adenium bisa sangat besar bonggolnya bila di habitat aslinya




Read more...

Introducing

Senin, 18 Agustus 2008



Lampu-taman.blogspot.com
     
Adalah sebuah blog yang terinspirasi dari ide penciptaan sebuah wacana yang didalamnya membahas tentang hobi dan kreatifitas yang menarik dari masyarakat, serta tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.
Blog ini dibuat berdasarkan kecintaan dan kekaguman penulis pada hobi dan kreatifitas yang ada di masyarakat kita, serta tempat-tempat wisata menarik dan mempunyai pesona yang unik.
Penulis akan selalu berusaha mengupdate isi dari blog ini untuk sekedar berbagi informasi tentang seputar hobi, kreatifitas, tempat-tempat wisata maupun hal-hal lain yang menarik untuk dibahas.
Penulis berharap semoga blog ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

SALAM SUKSES














































Read more...

About This Blog

About This Blog

  © Blogger template Columnus by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP